Laman

Senin, 28 Februari 2011

TIPIS MUDAH MENYUKAI MATEMATIKA

Salah satu pelajaran sekolah yang paling tidak disukai sebagian besar para siswa adalah pelajaran matematika. Memang pelajaran matematika agak rumit karena banyaknya rumus yang harus dihafal. Sebenarnya tidak hanya matematika yang memiliki rumus banyak, tetapi ada fisika dan kimia yang juga tidak kalah rumitnya. Meski tampaknya susah, namun tidak sedikit yang menyukai pelajaran ini. Sebenarnya matematika merupakan pelajaran sekolah yang cukup mengasyikkan jika bisa memahaminya. Di Indonesia pembelajaran matematika diberikan sejak di bangku sekolah dasar, bahkan sejak bangku taman kanan-kanak hingga perguruan tinggi
Karena matematika merupakan pelajaran sekolah yang cukup penting dan akan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, maka ada baiknya untuk bisa menguasainya. Untuk dapat menguasainya tentu saja harus menyukai mata pelajaran ini dulu. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba supaya dapat menyukai matematika.
  1. Dalam pembelajaran matematika bagi anak-anak dapat dilakukan dengan cara belajar sambil bermain. Misalnya belajar berhitung dengan menggunakan biji, batu, pensil, atau apa saja yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menghitung.
 Dengan cara ini anak akan memahami konsep dasar berhitung (dalam hal ini penjumlahan dan pengurangan). Lebih baik anak diajak untuk memahami konsep daripada langsung menghafal rumus.
2.      ·  Pahami darimana asalnya rumus, jangan langsung menghafalkannya dan menerapkannya pada soal matematika. Banyaknya rumus matematika yang harus dihafal sudah tentu membingungkan, untuk mengatasinya yaitu dengan mengetahui bagaimana rumus itu didapat. Dengan mengetahui asal-usul rumus akan memudahkan dalam menerapkan pada soal matematika. Minta pada guru untuk menjelaskan tentang asal mula rumus tersebut.
3.      ·  Mencoba mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari atau dengan alam sekitar. Misalnya rumus trigonometri bisa digunakan untuk mengukur tinggi pohon atau sudut kemiringan. Memperkirakan bayangan benda dengan asal sumber cahaya yang berbeda-beda, dan sebagainya.
4.      ·  Selalu mengulang-ulang pelajaran yang sudah dipelajari dengan sering berlatih mengerjakan soal matematika yang berbeda-beda.
5.       ·  Guru memiliki peran yang cukup penting supaya siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Jika guru di sekolah justru membuat bingung sehingga menjadi tidak faham, maka sebaiknya mencari guru privat yang bisa mengajari dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar